Mengenal mikrotik


Mikrotik Router, slah satu router yang banyak digunakan selain Cisco router. Mikrotik dapat digunakan dalam 2 Tipe, yaitu dalam bentuk perangkat keras dan perangkat lunak. Dalam bentuk perangkat keras, Mikrotik biasanya

sudah diinstalasi pada suatu board tertentu, sedangkan dalam bentuk perangkat lunak, Mikrotik merupakan salah satu produk keluaran Linux yang memang dikhususkan untuk fungsi router.
Mikrotik RouterOS adalah sistem operasi Linux yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan Provider hotspot.
Adapun fitur dari Mikrotik RouterOS itu sendiri adalah ::
-ROUTING
Static Router, Policy Router, ECMP, RIP, OSPF, BGP
-FIREWALL
Mangle, Filter, Layer 7 Filtering, Address List, NAT
-QUALITY OF NETWORK
Simple Queue, HTB, PFIFO, BFIFO, PCQ, SFQ, RED
-WIRELESS NETWORK
PTP, PTMP, Nstream, Dual Nstrea, WDS
-IP TUNNEL
PPTP, IPIP, IPSec, EoIP, L2TP, MPLS, OpenVPN
-AUTHENTICATION
PPPoE, Hotspot, Radius
-INTERFACE
Gigabit, Ethernet, Wireless, V35, G703, ISDN, Dial UP, Bridge, Bonding, RSP, RSTP
-SERVICES
DHCP Server, IP Poll, Web proxy, DNS Cache
Router di desain dengan system modular, sehingga dimungkinkan untuk menambah interface wireless sesuai dengan kebutuhan, hingga sebanyak slot minipici yang tersedia. prosesor dan memori yang tersedia sebanding dengan kemampuan routerboard untuk mengalirkan koneksi data, baik sesuai bps (bitpersecond) maupun pps (packetpersecond) nya. Tersedia pula kotak outdoor yangwaterproof dengan soket Ethernet yang tahan cuaca. Ataupun kotak indoor yang ringkas untuk pemakaian didalam ruangan. Besarnya power wireless sesuai dengan jenis kartu yang di gunakan. R52 dengan 65watt dan R52h dengan 350Watt.
Untuk instalasi Mikrotik pada Hardisk, lebih baik menggunakan Disk On Module (DOM), kenapa demikian ??? di karenakan Mikrotik RouterOs mengikat pada hardisk, sehingga jika terdapat kerusakan pada hardisk. Kalau pun terjadi kerusakan pada dom selama 1 tahun, Mikrotik indonesia akan mengganti DOM yang baru berikut dengan lisensinya.
Berikut ini gambar dari Disk On Module [DOM]
Mikrotik merupakan solusi murah dengan fitur menarik, dengan semua fitur yang dipunya oleh mikrotik RouterOS, hampir semua kerja pengaturan network dapat di laksanakan. Dikarenakan fitur yang serba ada dan harga yang murah, banyak para Internet Service Provider (ISP), menggunakan device ini untuk keperluan routing dan bandwitdh management. Perusahaan-perusahaan mid-low pun sangat cocok untuk menggunakan Mikrotik RouterOS ini.

1 Response to "Mengenal mikrotik"

  1. Hudzaifah says:
    15 Agustus 2012 pukul 05.07

    mantap

Posting Komentar


Entri Populer